SMKN 2 Kuripan Melaksanakan Uji Kompetensi Keahlian Tahun Pelajaran 2021/2022

Uji Kompetensi Keahlian (UKK) merupakan penilaian yang diselenggarakan khusus bagi siswa SMK untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik yang setara dengan kualifikasi jenjang 2 (dua) atau 3 (tiga) pada KKNI. UKK dilaksanakan di akhir masa studi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi atau satuan pendidikan terakreditasi bersama mitra dunia usaha/industri. Hasil UKK bagi peserta didik akan menjadi indikator ketercapaian standar kompetensi lulusan. Sedangkan bagi stakeholder hasil UKK dijadikan sumber informasi atas kompetensi yang dimiliki calon tenaga kerja.

Materi UKK disusun berdasarkan skema sertifikasi sesuai dengan jenjang kualifikasi peserta uji/asesi yang memuat kemampuan melaksanakan pekerjaan spesifik, operasional, dan/atau penjaminan mutu. Soal UKK dapat berbentuk penugasan atau bentuk lain yang dinilai secara individual untuk membuat suatu produk sesuai tuntutan standar kompetensi.

Mulai hari Rabu, 23 Maret 2022 hingga selesai, Pelaksanaan UKK, SMKN 2 Kuripan menyelenggarakan UKK melalui 2 skema yaitu:
1) Ujian melalui LSP Pihak Kesatu (LSP-P1): LSP yang didirikan oleh lembaga pendidikan dan atau pelatihan dengan tujuan utam melaksanakan sertifikasi kompetensi kerja terhadap peserta pendidikan/pelatihan berbasis kompetensi dan /atau sumber daya manusia dari jejaring kerja lembaga induknya, sesuai ruang lingkup yang diberikan oleh BNSP. Adapun kompetensi keahlian yang melaksanakan UKK melalui LSP SMKN 2 Kuripan adalah 1) TKRO; 2) TKH dan 3) TESHA

2) UKK Mandiri : SMK terakreditasi yang melakukan uji kompetensi secara mandiri menggunakan instrumen UKK yang disusun oleh pemerintah pusat sebagai standar minimal dengan melibatkan mitra dunia kerja dan berorientasi pada standar kompetensi lulusan. Adapun kompetensi keahlian yang melaksanakan UKK melalui skema mandiri yaitu: 1) TBSM; 2) TP; 3) DPIB; 4) TAV; 5) TEI; 6) TPTL; 7) TITL; 8) TPTU; 9) MM; 10) PSPT. (iw)