SMKN 2 Kuripan Melaksanakan ANBK 2023

smkn2kuripan.sch.id. Kuripan, Pada hari ini Senin, 28 Agustus 2023 sejumlah 50 peserta didik SMKN 2 Kuripan kelas XI melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2023. Pelaksanaan diagendakan selama 2 hari sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh Kemendikbud. Peserta didik yang mengikuti ANBK merupakan sampel kelas XI yang dipilh secara acak oleh pusat.

Gambar 1. Pengarahan Kepala SMKN 2 Kuripan pada Peserta ANBK 2023

ANBK merupakan program penilaian terhadap mutu setiap sekolah dari jenjang dasar hingga menengah. ANBK merupakan alat ukur komprehensif yang dapat memetakan kualitas pendidikan yang bertujuan untuk mendapatkan informasi terkait hasil belajar dan keterampilan peserta didik dalam proses pembelajaran di sekolah.

“Anak-anakku sekalian, pagi ini kalian mewakili SMKN 2 Kuripan untuk melaksanakan ANBK. Hasil dari ANBK ini akan menentukan wajah pembelajaran di sekolah kita. Hasil dari ujian ini untuk memetakan kualitas pendidikan di sekolah kita yang bertujuan untuk mendapatkan informasi terkait hasil belajar dan keterampilan dalam proses pembelajaran di sekolah. Jadimohon sungguh-sungguh dalam mengerjakan soal”. Tutur Bapak Kepala SMKN 2 Kuripan, H. Mahyudin, S.Ag., M.M. dalam pengarahan pada peserta didik sebelum pelaksanaan ANBK.

Gambar 3. Prosesi Pelaksanaan ANBK 2023

Adapun yang menjadi penilaian adalah:

  1. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur kompetensi dasar terkait literasi membaca dan numerasi peserta didik.
  2. Survei karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter peserta didik.
  3. Survei lingkungan belajar untuk mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun tingkat sekolah

Bentuk soal ANBK dibedakan menjadi lima dengan rincian sebagai berikut:

  1. Pilihan Ganda, dalam soal pilihan ganda, peserta didik hanya menjawab salah satu pilihan yang sesuai dengan pertanyaan.
  2. Pilihan Ganda Kompleks, dalam soal pilihan ganda kompleks, peserta didik bisa bisa memilih jawaban lebih dari satu yang sesuai dengan pertanyaan
  3. Menjodohkan, Peserta didik menjodohkan titik satu ke titik lain dengan garis yang merupakan pasangan dari jawaban dan pertanyaan.
  4. Isian Singkat, Peserta didik diminta menjawab singkat pertanyaan dengan kata atau bilangan.
  5. Uraian, Peserta didik harus menjawab pertanyaan dengan kalimat-kalimat.

Gambar 3. Pelaksanaan ANBK dengan Pengawas Silang

Selama melaksanakan ujian peserta didik diawasi oleh pengawas dari sekolah lain diantaranya SMAN 1 Kuripan dan SMKN 1 Gerung. Secara keseluruhan ANBK di SMKN 2 Kuripan hari pertama berjalan dengan lancar walaupun terdapat beberapa kendala diantaranya: peserta didik ada yang terlambat sehingga digantikan oleh peserta cadangan.

“Alhamdulillah hari pertama ini secara keseluruhan berjalan lancar, ini anak-anak masih mengerjakan soal dengan pengawas dari luar, ada yang dari SMAN 1 Kuripan dan SMKN 1 Gerung. Sayang sekali tadi anak-anak ada yang terlambat sehingga digantikan oleh peserta cadangan”. Tutur Ibu Ini Nike Sukmawati, S.T. selaku panitia ANKB.

Tim Kurikulum (IW)