Rapat Koordinasi Awal Bantuan SMK PK Lanjutan dengan Pendamping

smkn2kuripan.sch.id. SMK PK merupakan salah satu program prioritas dari Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Pendidikan Vokasi) Kemendikbud yang digalakkan mulai tahun 2021 dan berlanjut hingga sekarang. Program ini lahir sebagai upaya pengembangan SMK dengan program keahlian tertentu agar mengalami peningkatan kualitas dan kinerja. Tentunya, pencapaian tersebut harus diperkuat dengan adanya kemitraan dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI), ditambah hadirnya pemerintah daerah setempat beserta perguruan tinggi vokasi sebagai pendamping. Selain itu, melalui program SMK PK diharapkan dapat menjadi sekolah rujukan dan pusat peningkatan kualitas dan kinerja sekolah di sekitarnya agar semakin relevan dengan kebutuhan dunia kerja maupun industri.

SMKN 2 Kuripan pada tahun 2022 yang lalu berhasil mendapatkan bantuan program SMK PK Skema Reguler Tahap II Pada Program Keahlian Teknik Pemesinan. Pata tahun 2023 ini SMKN 2 Kuripan berhasil mendapatkan bantuan SMK PK kembali sesuai SK Keputusan DirekturJendral Pendidikan Vokasi, Kemendikbud Nomor 18/D/O/2023 tentang Penetapan Sekolah Menengah Kejuruan Pelaksana Program SMK PK Skema Reguler Lanjutan Tahap I tertanggal 3 April 2023.

Pada hari Jumat, 4 April 2023 SMKN 2 Kuripan mendapatkan kunjungan dari Perguruan Tinggi Pendamping untuk Koordinasi awal pelaksanaan program SMK PK. Tim pendamping berasal dari Universitas Gajah Mada. Adapun pewakilan Dinas Dikbud NTB yaitu Kabid SMK Bapak Khairul Ikhwan, S.Pd., M.T., sedangkan perwakilan dari DUDI yaitu dari CV Ardika Teknika Narmada Bapak Irwan Arditiya Jaya, S.Pd., M.Eng.

Kegiatan koordinasi awal ini bertujuan agar seluruh program bantuan SMK PK Lanjutan yang telah disusun dapat berjalan dengan lancar dan diharapkan kedepan SMKN 2 Kuripan mampu mencetak lulusan yang sesuai dengan kebutuhan industri. “Tadi (kegiatan koordinasi) Tim dari UGM dan Pak Kabid serta DUDI membahas terkait Jadwal Pelaksanaan Kegiatan SMK PK, Narasumber, Peserta, Output Kegiatan dan Teknis Pelaporan, Pak Kepala Sekolah tadi juga sangat bersyukur kita mendapatkan pendamping dari UGM, harapannya semoga melalui SMK PK ini SMKN 2 Kuripan semakin baik dan mempu menghasilkan lulusan berkualitas yang dapat diserap oleh industri”, papar Bapak I Made Budiartha selaku Waka Humas.

(Tim Humas)