Program Kemitraan Sister School TBSM SMKN 1 Sekotong dengan TBSM SMKN 2 Kuripan

Kuripan, smkn2kuripan.sch.id – Salah satu dari 11 (sebelas) program strategis SMK di lingkup Dikbud NTB adalah menjalin kerjasama antar-SMK yang dikenal dengan istilah sister school. Sister school merupakan program kemitraan yang dikembangkan oleh sekolah dalam rangka menjalin kerjasama dengan sekolah lain guna mencapai tujuan tertentu terutama dalam bidang pendidikan, budaya dan peningkatan mutu antar kedua sekolah. Kepala SMKN 1 Sekotong bapak Sulman Haris, S.Ag., M.Pd.I. menginisiasi adanya program sister school dengan SMKN 2 Kuripan terutama pada Kompetensi Keahlian Teknikdan Bisnis Sepeda Motor (TBSM). Hal ini didasari karena kompetensi keahlian TBSM di SMKN 1 Sekotong sangat potensial untuk dikembangkan dikarenakan peralatan dan kelengkapan bengkel praktik yang sangat memadahi namun masih kurang dalam sisi sumber daya manusianya.


“TBSM – SMKN 1 Sekotong memiliki potensi yang sangat besar, bengkel dan peralatan praktik yang sangat komplit, namun kami (TBSM – SMK 1 Sekotong) masih kekurangan sumber daya manusia terutama guru-guru kompetensi keahlian TBSM untuk memaksimalkan potensi tersebut” ujar bapak Sulman Haris, S.Ag., M.Pd.I. dalam sambutan pembukaan program sister school.


Sehubungan dengan hal tersebut terjalinlah program kemitraan sister school antara TBSM – SMKN 2 Kuripan dengan TBSM – SMKN 1 Sekotoang dengan ditandatanganinya MoU pada hari Kamis, 3 Februari 2022 bertempat di Bengkel TBSM -SMKN 1 Sekotong Jalan Raya Sekotong, Cendi Manik, Sekotong. Pada kegiatan tersebut selain dihadiri oleh Kepala Sekolah dari kedua belah pihak juga dihadiri oleh masing-masing Wakil Kepala Sekolah Bidang Hubungan Masyarakat dan Industri serta masing-masing kepala Program Keahlian untuk turut serta menyaksikan penandatanganan dan pembahasan program kemitraan sister school tersebut.


Bapak Kepala SMKN 2 Kuripan Rias Sandi Miswardani, S.E menyampaikan bahwa program kemitraan ini harus dikembangkan agar kita (SMK) di NTB ini bisa berkembang dan maju bersama oleh karena itu kerjasamanya dalambidang apapun harus ditingkatkan.

“Kami (SMKN 2 Kuripan) menyambut baik program kemitraan antara SMKN 2 Kuripan dengan SMKN 1 Sekotong pada kompetensi Keahlian TBSM, program kemitraan ini harus dikembangkan agar kita (SMK) di NTB ini bisa berkembang dan maju bersama oleh karena itu kerjasamanya dalambidang apapun harus ditingkatkan” ujar beliau pada sambutan pembukaan program sister school.

Program kemitraan sister school ini untuk semantara baru sebatas pada Guru Kunjung atau Guru Tamu dalam periode tertentu untuk membantu dan meningkatkan proses pembelajaran TBSM di SMKN 1 Sekotong. Tidak ada guru definitive SMKN 2 Kuripan yang berpindah tugas ke SMKN 1 Sekotong dikarenakan kompetensi keahlian TBSM di SMKN 2 Kuripan jumlah gurunya hanya 4 ASN dan 1 Honor untuk untuk mengampu 4 rombongan belajar.

“Kami sampaikan pada pak Haji (Sulman Haris, S.Ag., M.Pd.I.) bahwa program kemitraan sister school ini untuk semantara baru sebatas pada Guru Kunjung atau Guru Tamu dalam sekali sebulan atau periode tertentu karena kami (TBSM – SMKN 2 Kuripan jumlah gurunya hanya 4 ASN dan 1 Honor untuk untuk mengampu 4 rombongan belajar gemuk” tutur Bapak Rias Sandi Miswardani, S.E

Pada akhir kegiatan penandatanganan MoU Program Kemitraan Sister School rombongan peserta SMKN 2 Kuripan mendapatkan jamuan yang sangat istimewa oleh pihak SMKN 1 Sekotong dengan santap siang sea food di lokasi Ekowisata Mangrove Bagek Kembar, Desa Cendi Manik, Kecamatan Sekotong, Sekotong Tengah, Kec. Sekotong, Kabupaten Lombok Barat. (iw)