Pengarahan dan Pelepasan Peserta PKL menuju PT. Alfan Mechatronics Innovation dan BBPPMPV BOE Malang

Pada hari Jumat, 21 Juni 2024 bertempat di ruang kepala sekolah SMKN 2 Kuripan telah dilaksanakan pengarahan sekaligus pelepasan Peserta PKL yang akan menuju PT. Alfan Mechatronics Innovation (PT AMI) dan BBPPMPV BOE Malang selama enam bulan ke depan. Sebanyak 5 peserta didik akan melaksanakan PKL di PT. AMI dan satu peserta didik melaksanakan PKL di BBPPMPV BOE Malang. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Sekolah, Orang tua wali  dan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Bidang Humas.

“Alhamdulillah, pagi ini akan kami lepas peserta gelombang 2 yang akan melaksanakan PKL di luar daerah, pada gelombang 1 kemarin peserta PKL berangkat ke Jogja, sedangkan yang sekarang akan ke Malang. Suatu kebanggaan tersendiri bagi kami selaku pihak sekolah dapat memfasilitasi peserta didik PKL ke luar daerah, bukanya apa-apa ini merupakan salah satu upaya untuk memperkenalkan SMKN 2 Kuripan ke luar daerah. Kita tunjukkan pada khalayak umum bahwa walaupun kita dari daerah namun kualitas, mutu dan semangat kita tidak kalah dari sekolah-sekolah yang dari Kota. Untuk itu bapak berpesan jaga nama baik diri kalian sendiri, nama baik keluarga, nama baik sekolah dan nama baik daerah kalian ini. Tidak usah minder, pokoknya niatkan untuk mencari ilmu, insyaAllah semua akan dimudahkan segala urusannya. Semangat dan terus komunikasi dengan bapak ibu guru pendampingnya.” Tutur H. Mahyudin, S.Ag., M.M. dalam arahannya kepada peserta PKL.

Perjalanan menuju Malang dimulai hari Sabtu, 22 Juni 2024 dari Pelabuhan Lembar Lombok menggunakan kapal DLN Oasis menuju Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Sebanyak 6 peserta didik didampingi oleh PPTK Bidang Humas bapak Budiartha menempuh perjalanan laut selama 22 jam dan tiba di Tanjung Perak pada pukul 12.00 WIB. Setibanya di Tanjung Perak peserta berlanjut perjalanan darat menuji Malang menggunakan mobil selamat kurang lebih 2 jam.

Gambar 1. Foto Serah Terima Peserta PKL SMKN 2 Kuripan kepada PT. AMI

Pada hari Senin, tanggal 24 Juni 2024 dilaksanakan acara serah terima peserta didik PKL dari SMKN 2 Kuripan bertempat di PT. AMI. PPTK Bidang Humas selaku perwakilan dari SMKN 2 Kuripan menyerahkan empat peserta didik kepada Ibu Bela Salsabilla selaku Pejabat Humas PT. AMI. Acara ini berlangsung dengan penuh semangat, dimana harapan besar terletak pada pengalaman berharga yang akan didapatkan oleh para peserta didik selama menjalani PKL mereka. PKL yang dimulai pada tanggal 24 Juni 2024 ini bertujuan untuk memberikan pengalaman praktis kepada peserta didik dalam dunia industri mekatronika. Peserta didik yang telah dipersiapkan dengan baik oleh sekolah diharapkan dapat mengaplikasikan pengetahuan teoritis mereka dalam situasi nyata di PT. AMI.

Gambar 2. Foto Serah Terima Peserta PKL SMKN 2 Kuripan kepada BBPPMPV BOE Malang

Selanjutnya pada hari yang sama satu peserta didik juga diserahkan untuk melaksanakan PKL di BBPPMPV BOE Malang. PPTK Bidang Humas selaku perwakilan dari SMKN 2 Kuripan menyerahkan satu peserta didik kepada Bapak Lukito selaku perwakilan dari BBMPV BOE Malang. PKL pada instansi BBPPMPV BOE Malang ini bertujuan untuk memberikan pengalaman teoritis dan praktis kepada peserta didik dalam dunia industri otomotif.

Pelaksanaan PKL di luar daerah ini, diharapkan memberikan pengalaman kemandirian, kerja keras dan memberikan nilai tambah bagi pendidikan mereka dan juga bermanfaat bagi industri tempat mereka melakukan praktik. Semoga setelah enam bulan, mereka kembali dengan pengetahuan dan pengalaman yang lebih luas dan siap berkontribusi dalam kemajuan industri di masa depan.