Audiensi SMKN 2 Kuripan dengan Industri PT Astra Motor Mataram

Kuripan, smkn2kuripan.sch.id, Tongkat estafet regenerasi kepemimpinan di SMKN 2 Kuripan telah berlangsung mulai awal tahun ajaran baru 2022/2023. Agar kerjasama dan hubungan yang telah terjalin dengan industri terus berjalan, maka diselenggarakan audiensi dengan pihak industri. Kali ini audiensi dilakukan antara aka Humas dan Kepala Program Keahlian Otomotif untuk terus memantapkan kerjasama dengan Industri yaitu PT. Astra Motor Main Dealer Mataram (ASMO Mataram). Kegiatan ini berlangsung pada hari Jumat, 2 September 2022 di kantor ASMO Mataram Jalan TGH Saleh Hambali, Dasan Cermen, Mataram. SMKN 2 Kuripan diwakili oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Hubungan Masyarakat dan Industri, I Made Budiartha dan Kepala Program Keahlian Otomotif, Suharli Kusuma Hariyadi. Sedangkan dari pihak ASMO Mataram diwakili oleh oleh Anton Prihatno Selaku Manager Servis.
Pada audiensi tersebut terdapat 5 hal yang menjadi pokok bahasan yaitu 1. Perkenalan Staf pimpinan baru dengan pihak Industri; 2. Kelanjutan MOU TBSM Honda dengan Astra; 3. Penjajakan kerjasama BLUD SMKN 2 Kuripan dengan ASMO Mataram; 4. Peningkatan proses dan kualitas pembelajaran TBSM dan 5. Inovasi media pembelajaran TBSM.
Anton Prihatno menuturkan bahwa perlu ada strategi khusus “kelas Industri” agar kompetensi siswa TBSM semakin meningkat. Strateginya yaitu dengan adanya pembelajaran nyata 70% praktik dan 30% teori melalui media pembelajaran nyata. Selanjutnya siswa mendapatkan pemagangan saat PKL yang layak melalui jaringan AHASS. Pada kerjasama lebih lanjut juga akan dirintis bengkel AHASS di lingkungan sekolah sehingga terjadi transfer of knowledge dari mekanik pada guru maupun siswa. Melalui pembukaan bengkel AHASS di lingkungan sekolah ini juga untuk mendukung pembelajaran praktik dengan porsi 70% menjadi mudah tercapai.
Pada akhir sesi I Made Budiartha selaku Waka Humas yang baru dan Suharli Kusuma selaku Kepala Program Keahlian Otomotif yang baru berharap agar kedepan kerjasama/ MOU TBSM Honda dengan TBSM SMKN 2 Kuripan terus berlanjut dan berkembang demi peningkatan kualitas lulusan TBSM SMKN 2 Kuripan.

Penulis: Irfan F. Wibisono
Editor: I Made Budiartha