Aksi Ramadhan Berbudaya SMKN 2 Kuripan

Bulan suci Ramadhan menjadi momen yang paling dinanti dan dirindukan oleh umat muslim di seluruh dunia, begiu juga di Indonesia tidak terkecuali warga SMKN 2 Kuripan. Keistimewaan bulan Ramadhan dalam Al Quran dan hadits banyak dijelaskan. Banyaknya keistimewaan bulan Ramadhan, membuat umat muslim merasakan nikmatnya menjalani ibadah. Di bulan suci Ramadhan, umat Islam dianjurkan untuk banyak berdoa dan berbuat kebaikan, baik dalam konsep Hablum Minallah (hubungan manusia dengan Sang Pencipta), Hablum Minannas (hubungan antar individu) maupun Hablum Minal ‘Alam (hubungan manusia dengan alam). Ketiganya saling berkesinambungan dalam mendapatkan ridha Allah SWT.


Selain melaksanakan kegiatan belajar mengajar seperti biasa, SMKN 2 Kuripan memanfaatkan momentum untuk beramal sebanyak mungkin. Salah satu programnya adalah Aksi Ramadhan Berbudaya dengan tema “Tingkatkan Kepedulian RaihKemenangan”. Program ini memfokuskan satu hari kegiatan untuk memperbanyak amalan ibadah selama berpuasa. Teknisnya masing-masing kelas mendapatkan kesempatan satu hari untuk beribadah di musholla dengan didampingi oleh bapak ibu guru yang mengajar pada kelas tersebut dan bapak ibu guru kejuruan masing-masing. Kegiatan dimulai dengan tadarus Al Quran, dilanjutkan dengan kegiatan berbagi ilmu agama yang diisi oleh guru produktif kompetensi keahlian masing-masing. Jadi tidak melulu guru agama saja yang menyampaikan ilmu agama.


“Jadi setelah Tadarus Al Quran oleh bapak ibu guru agama, dilanjutkan dengan shalat dhuha, setelah itu kegiatan kajian islami yang didampingi oleh bapak ibu guru kejuruan dari kompetensi keahlian masing-masing. Materinya bebas, apapun yang dikuasi silak disampaikan, kan sudah jelas, sampaikan ilmu walau hanya satu ayat” ucap Kepala SMKN 2 Kuripan Bapak Rias Sandi Miswardani, Kamis 14 April 2022.


Menjelang akhir ramadhan musholla SMKN 2 Kuripan juga menerima dan menyalurkan zakat fitrah serta santunan untuk anak yatim. Pada akhirnya, semoga seluruh amalan ibadah kita bernilai dan diterima oleh Allah SWT. Amin (iw)