Mengenal Kelas Industri di SMK dan IDUKA

Sesuai dengan semboyan “SMK Bisa!”, lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) digadang-gadang segera masuk ke dunia kerja. Salah satu program untuk menjamin mutu pendidikan siswa adalah dengan adanya Kelas Industri. Untuk tahu lebih jauh tentang Kelas Industri, silakan simak artikel berikut ini

Apa Itu Kelas Industri?

Kelas Industri merupakan program pengadaan kelas khusus dalam lingkungan sekolah. Kelas ini dikelola secara bersama antara sekolah dengan industri. Sekolah diberikan kebebasan untuk mencari rekanan dan bekerja sama dengan industri yang sesuai dengan kompetensi di yang ada di sekolah tersebut. Untuk meningkatkan kualitas SDM yang nantinya harus dihasilkan oleh sekolah, beberapa sekolah ada yang bekerja sama dengan satu atau bahkan lebih dunia industri.

Mengapa Harus Kelas Industri?

Tujuan Kelas Industri ini adalah untuk mencetak SDM dari SMK yang lebih berkualitas dengan bekerja sama langsung dengan perusahaan ataupun industri. Dengan model atau sistem pengelolaan bersama antara pihak industri dan sekolah, akan tercipta iklim belajar yang baru sehingga menjamin mutu pendidikan siswa.

Siapa Saja Peserta Kelas Industri?

Kelas Industri diikuti oleh peserta didik di Sekolah Menengah Kejuruan yang sudah bekerja sama dengan perusahaan atau industri tertentu. Industri atau perusahaan tersebut tentunya harus sesuai dengan kompetensi atau jurusan yang diikuti oleh siswa.

Kapan Program Kelas Industri Berjalan?

Kelas Industri akan berjalan jika sudah ada kesepakatan kerja sama antara pihak sekolah dengan pihak perusahaan atau industri. Dunia pendidikan sendiri tentu tidak lepas dari kurikulum yang ada di masing-masing sekolah. Untuk menyempurnakan pengembangan kurikulum yang selaras antara dunia pendidikan dan dunia Industri perlu adanya Sinkronisasi Kurikulum. Dengan adanya keselarasan kurikulum antara sekolah dengan dunia industri, harapannya para siswa bisa mendapat bimbingan dan arahan dari dunia industri sehingga memiliki pengetahuan dan keterampilan yang berkualitas.

Bagaimana Proses Pembelajaran Kelas Industri?

Dari hasil sinkronisasi kurikulum yang telah disepakati sebelumnya, pengadaan kelas industri tentu dibuat agar tidak tidak mengganggu waktu belajar reguler siswa. Karena selain kurikulum dari industri, siswa tersebut masih harus mengikuti kurikulum reguler dari pemerintah, sehingga sebisa mungkin kurikulum dari industri dibuat sebaik mungkin agar tidak bertabrakan dengan kurikulum reguler. Selama mengikuti Kelas Industri, siswa akan diasah pengetahuan dan keterampilannya. Dengan arahan dan bimbingan expert dari dunia industri, tentunya diharapkan siswa juga akan memiliki pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan standard industri.

 

sumber : https://www.gamelab.id/news/379-mengenal-kelas-industri-di-smk-dan-iduka